Obat Herbal Untuk Kanker Otak

289

Obat Herbal Untuk Kanker Otak, Kanker otak menyerang bagian tubuh manusia yang memiliki peranan penting sebagai pengatur stabilitas organ lainnya. Jika otak terjangkit tumor bahkan kanker, maka organ lainnya dapat terganggu bahkan bisa berakibat sengat fatal.

Gejala-gejala kanker otak:

  • Sakit kepala (menetap didaerah tertentu) disertai mual sampai muntah yang teramat berat.
  • Daya penglihatan berkurang.
  • Penurunan kesadaran.
  • Gangguan berbicara.
  • Gangguan pendengaran .
  • Gangguan berjalan/keseimbangan tubuh (bila tumor atau kanker terdapat diotak kecil).
  • Gangguan saraf.
  • Anggota gerak melemah atau kejang.
  • Jika tumor/kanker menyerang daerah frontal atau bagian depan otak tempat berbagai fungsi intelektual dan perasaan berada, maka penderita bisa mengalamingangguan dalam fungsi intelektual, termasuk daya ingat.

Ramuan herbal

1. Kunyit putih (Curcuma Zedoaria)

kunyit putih

Salah satu herbal yang disebutkan mampu menangkal kanker otak adalah kunyit putih. kunyit /temu putih telah populer sebagai rempah-rempah dan obat di dunia timur. Di China, temu putih telah lama digunakan dalam terapi kanker rahim. Tanaman ini diduga mampu meningkatkan efek mematikan terhadap sel kanker saat melakukan radioterapi dan kemoterapi. Kunyit putih bahkan digunakan untuk bahan infus yang dimasukkan kedalam aliran darah pasien.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Zaitun

Dari hasil penelitian Chan Minyi, dan kawan-kawan dalam bukunya ” Anti Cancer Medical Herbs”, ternyata Curcuma Zedoaria¬†mempunyai efektivitas yang lebih tinggi untuk mengatasi kanker dan tumor. Menurut hasil penelitian America Institute Cancer Report (New York Time, 1 juni 1999), pakar Fakultas Farmasi, PAU Bioteknologi serta PPOT UGM Yogyakarta, kurir putih diketahui mengandung beberapa zat penting membunuh kanker.

  • RIP (Ribosome Inacting Protein) yang berfungsi menonaktifkan perkembangan sel kanker, merontokkan sel kanker tanpa merusak jaringan sekitarnya, dan memblokir pertumbuhan sel kanker.
  • Zat Antioksidan, mencegah kerusakan gen.
  • Zat anti-curcumin, sebagai anti inflamasi (anti peradangan).

Khasiat kunyit utih dalam melawan sel kanker memang masih sebatas penelitian in vitro (laboratorium) dan belum mencampai uji klinis. Namun kunyit putih sudah banyak dipakai sebagai obat alternatif untuk mencegah dan mengobati penyakit kanker. Kunyit putih bahkan dikatakan mampu menandingi khasiat dari mahkota dewa dalam melawan kanker.

Serbuk kunyit putih

Bahan:

  • 500 gram kunyit
  • 2 gelas air
  • 1 gelas gula

Cara membuat:

Kupas kulit putih lalu blender dengan air dan gula. Masak diatas api sampai mengkristal dan menjadi serbuk.

Lihat Juga:  Obat Herbal Untuk Kanker Payudara

Alternatif cara membuat yang lain, kupas kunyit putih, potong tipis, dan jemur hingga kering. Setelah kering lalu haluskan dengan blender kopi/biji-bijian. Atau, kalau tidak mau repot, serbuk kunyit bisa dibeli ditoko jamu tradisional.

Ramuan 1

Seduh 1 sendok teh serbuk kunyit putih dengan 100 ml air mendidih, biarkan hangat lalu minum secara teratur. Untuk mencegah penyakit, minum 1 kali sehari sebelum tidur malam, sementara bagi pengobatan minum 3 kali sehari.

Ramuan 2

Tambahkan 2,5 gram serbuk putih dengan 15 gram benalu teh, 2,5 serbuk temulawak, dan 2,5 gram serbuk sambung nyawa lalu rebus dengan 400 ml air hingga mendidih. Setelah mendidih kecilkan api, aduk terus sampai air menyusut hingga 200 ml. Matikan api, dinginkan ramuan herbal, lalu saring. Minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

Catatan:

Serbuk temulawak dan serbuk sambung nyawa bisa didapat ditoko ramuan herbal. Kalau ingin membuatnya sendiri, iris tipis temulawak lalu keringkan di panas matahari atau oven. Setelah itu giling temulawak menjadi serbuk. Demikian juga untuk membuat daun sambung nyawa. Keringkan daun sambung nyawa dipanas matahari atau oven sekitar 30 menit, dan giling menjadi serbuk.

Lihat Juga:  Air Dengan Campuran Irisan Buah Timun Dan Segudang Manfaatnya

Ramuan 3

Cuci bersih 20 gram kunyit putih, 30 gram daun dewa, dan 30 gram daun jombang segar. Rebus semua bahan dengan 600 ml air hingga tersisa 300 ml saja. Biarkan hangat lalu minum secara teratur 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

Catatan:

Daun jombang bisa dibudidayakan sendiridi pekarangan rumah. Untuk bibitnya bisa dibeli ditoko tanaman obat keluarga.

2. Mahkota Dewa

mahkota dewa

Mahkota dewa dikenal sebagai tumbuhan beracun, karena buahnya dapat menyebabkan bengkak, sariawan mulut, keracunan, hingga pingsan. Biji mahkota dewa malah bisa membuat lidah mati rasa, kaku, sertamengakibatkan demam.

Namun, setelah melalui barbagai penelitian, mahkota dewa sebenarnay memiliki banyak manfaat sebagai salah satu bahan ramuan herbal untuk penyakit diabetes, hipertensi, gangguan liver, dan kanker. Sebagai penyembuh kanker, mahkota dewa terbukti sangat baik, kandungan senyawa di dalamya memiliki aktivitas antikanker dan antioksidan.

Ramuan:

Seduh teh mahkota dewa dengan air mendidih dan minum 2x sehari secara teratur. Teh mahkota dewa bisa didapatkan ditoko jamu/herbal. seduh seperti teh biasa.