Manfaat dan Kandungan Gizi Umbi Talas

405
Manfaat dan Kandungan Gizi Umbi Talas

Manfaat dan Kandungan Gizi Umbi Talas, rendah lemak dan tinggi kandungankarbohidrat kompleks menjadikan talas sebagai penganti beras atau kentang yang tidak kalah lezat.

Talas yang terkenal juga dengan nama umbi taro atau eddo (bahasa Jepang), adalah umbi akar sayuran dengan rasa yang ringan dan gurih seperti kacang. Kandungan karbohidrat kompleksnya yang tinggi menjadikan talas sebagai salah satu sumber energi terbaik, lezat, dan pengganti kentang dengan indeks glisemik yang lebih rendah.

Kalum yang ada pada talas membuatnya memiliki efek diuretik ringan. Umbi talas yang telah dibersihkan dapat dimasak dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau ditambahkan pada sup dan kaserol.

Kandungan gizi umbi talas yaitu vitamin B1, B3, B5, B6, C, E, K, beta-karoten, folat; kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, magan, fosfor, kalium, selenium, seng; serat; protein; dan karbohidrat kompleks.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Wakame

Talas panggang pedas

  • 4 buah talas, kupas dan bersihkan
  • 3 sdm minyak zaitun
  • 1 sdm bubuk cabai

Cara membuat talas panggang pedas:

Potong-potong talas menjadi potongan-potongan kecil dan kukus selama kurang lebih 5 menit. Angkat dan tempatkan pada baki panggang dan taburi di atasnya bubuk cabai dan percikan minyak zaitun. Panggang selama 30 menit di oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 220oC/gas nomor 7. Setelah 15 menit, balikkan potongan-potongan talas agar matangnya merata.