Manfaat dan Kandungan Gizi Ubi Jalar

364
Manfaat dan Kandungan Gizi Ubi jalar

Manfaat dan Kandungan Gizi Ubi Jalar, ubi jalar mempunyai rasa yang lezat, kandungan gizi yang tinggi, dan warna yang menggungah selera. Ubi ini juga sangat serbaguna karena bisa diolah menjadi berbagai hidangan dari mulai sup, keserol, selada, makanan bayi, ataupun makanan penutup.

Daging ubi jalar yang berwarna jingga bisa jadi telah lama dikenal karena melimpahnya beta-karoten yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Zat gizi ini sangat penting untuk memelihara fungsi penglihatan, pertumbuhan tulang, reproduksi, dan menjaga kesehatan jaringan pada saluran pencernaan dan pernapasan.

Ubi jalar mengandung lemak yang rendah, tetapi tinggi kalium sehingga membantu memelihara keseimbangan cairan dalam sel. Meskipun juga disebut sebagai “umbi manis”, ubi ini aman dan sangat baik untuk dikomsumsi bagi penderita diabetes karena memiliki zat tertentu yang dapat mengatur gula darah.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Ceri

Ubi jalar tumbuk

  • 4 buah ubi jalar, bersihkan dan potong-potong
  • 3 batang wortel, bersihkan dan potong-potong
  • 150 gram kacang polong beku
  • 2 sdm mentega atau margarin
  • Garam dan lada hitam

Cara membuat ubi jalar tumbuk:

Kukus ubi jalar, wortel dan kacang polong selama 20-25 menit hingga empuk. Angkat dan pindahkan ke mangkuk. Tambahkan mentega atau margarin, garam, dan lada hitam. Selanjutbya, tumbuk hingga lembut. Sajikan sebagai pengganti kentang tumbuk biasa.