Manfaat dan Kandungan Gizi Terung

220
Manfaat dan Kandungan Gizi Terung

Manfaat dan Kandungan Gizi Terung, sayuran serbaguna ini dapat melindungi otak dari penuaan dan menjauhkan Anda dari infeksi.

Terung adalah bahan utama hidangan Yunani yang terkenal dengan mousakka. Terung mengandung berbagai substansi fitokimia penting, di antaranya adalah nasunin, salah satu jenis antosianin yang melindungi sel-sel lemak di otak agar terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas.

hal tersebut pada gilirannya akan memperlambat terjadinya kepikunan. Khasiat lain dari terung berasal dari asam klorogenat yang berfungsi sebagai agen antivirus, antibakteri, dan antijamur, sehingga mampu membuat tubuh kebal dari serangan infeksi.

Kandungan gizi terung yaitu vitamin B3, C, K, biotin, folat, beta-karotan, kalsium, yudium, zat besi, magnesium, mangan, fasfor, kalium, selenium, seng dan serat yang sangat barguna untuk kesehatan.

Lihat Juga:  Resep Bolu Buah Kurma, Penambah Energi

Resep gratin terung

  • 2 buah terung
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 100 gram keju cheddar atau keju alternatif babas susu lainnya

Cara membuat gratin terung:

Iris terung secara menyerong dengan ketebalan + 1 cm, lalu olesi masing-masing sisinya dengan minyak. Atur secara berlapis dalam pinggan tahan panas. Tutup dengan aluminium foil dan panggang selama 25 menit dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 220oC/gas nomor 7. Buka aluminium foil dan panggang lagi selama 10 menit. Keluarkan dari oven dan panggang lagi selama 10 menit. Keluarkan dari oven dan taburkan parutan keju di atasnya, lalu panggang kembali hingga keju meleleh. Angkat dan sajikan hangat.

Lihat Juga:  Resep Gingerade Jahe, Mempelancar Sirkulasi