Manfaat dan Kandungan Gizi Telur

272
Manfaat dan Kandungan Gizi Telur

Manfaat dan Kandungan Gizi Telur, telur sangat serbaguna dan kandungan zat gizinya yang lengkap menjadikan telur ada di garda terdepan sekaligus salah satu makanan terbaik untuk otak.

Telur sangat bergizi karena menyediakan protein dengan nilai sempurna. Protein berkerja sama dengan vitamin A, B12, dan D (yang jarang terdapat dalam makanan) untuk perbaikan jaringan tubuh. Telur juga mengandung asam lemak omega-3 dan viitamin B (kolin).

Keduanya sangat diperlukan agar fungsi otak berjalan dengan normal dan lutein yang berperan untuk menjaga mata tetap sehat. Kandungan gizi pada telur beragam kadarnya, bergantung pada varietas unggas penghasil telur. Telur ayam kampung mangandung vitamin dan lemak baik lebih banyak dan kolesterol yang lebih sedikit daripad ayam broiler.

Lihat Juga:  Selada Jamur Bawang Putih, Munguatkan Imunitas

Kandungan gizi telur yaitu Viamin A, B2, B3, B5, B6, B12, D, E, biotin, folat, kalsium, kromium, tembaga, yodium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, natrium, seng, dan proteinm asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan.

Resep frittata kentang

  • 450 g kentang, kupas kulitnya dan potong dadu
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 4 butir telur, kocok lepas
  • 1 sdm kecap
  • 5 sdm peterseli cincang
  • Lada hitam bubuk secukupnya

Cara membuat frittata kentang:

Kukus kentang selama 15 menit lalu pindahkan kepada penggorengan yang telah berisi minyak zaitun. Campurkan semua bahan tersisa, aduk rata, lalu tuangkan dalam penggorengan yang telah berisi kentang. Masak dengan api kecil selama 3-4 menit. Jika salah satu sisi telah matang, balikkan kentang untuk mematangkan sisi lainnya. Masak hingga kentang berubah warna menjadi kuning keemasan.

Lihat Juga:  Resep Praktis Tumis Pakis, Bagi Penderita Kanker