Manfaat dan Kandungan Gizi Sayuran Okra

426
Manfaat dan Kandungan Gizi Okra

Manfaat dan Kandungan Gizi Okra, Kandungan serat okra yang tinggi membantu dalam pengaturan fungsi usus besar dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik didalamnya. Okra juga dikenal dengan nama¬†ledi’s finger.

Okra adalah tumbuhan asli Afrika yang sudah tersebar luas dan dapat ditemukan sebagai salah satu hidangan negara-negara tetangga, contohnya pada hidangan India, karibia, dan Timur Tengah. Kandungan serat dalam okra mampu menstabilkan kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol, dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Serat okra jg memberikan pengaruh penting pada usus besar, sehingga dapat mencegah dan mengatasi konstipasi. Selama proses pemasakan, okra akan mengeluarkan semacam lendir yang dapat mengentalkan masakan. Okra biasa digunakan untuk masak kari, sup dan saus.

Lihat Juga:  Obat Herbal Untuk Kanker Payudara

Kandungan gizi okra yaitu Vitamin B1, B3, B5, B6, C, K, beta-karoten, biotin, folat, kalsium, yudium, zat besi, magnesium, mangan, fasfor, kalium, selenium, seng dan serat yang sangat bagi untuk kesehatan.

Resep Easy Okra

  • 2 sdm minyak bunga matahari yang belum disuling
  • 1 siung bawang bombai, cincang
  • 1 sdt cabai merah yang sudah dihaluskan
  • 1 sdt jintan
  • 1 sdt kunyit
  • 1 sdm pure tomat
  • 350 gram okra, siangi, dan potong-potong

Cara membuat

Panaskan Minyak pada pengorengan dan tumis bawang merah hingga layu. Masukkan cabai, jintan, kunyit, dan pure tomat. Aduk rata selama kurang lebih satu menit. Tambahkan 300 ml air dan okra. Setelah mendidih, kecilkan apinya dan tutup rapat selama 12 menit hingga okra lunak. Matikan api dan sajikan selagi hangat sebagai teman makan.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Agar-Agar