Manfaat dan Kandungan Gizi Sayuran Kubis

458
Manfaat dan Kandungan Gizi Sayuran Kubis

Manfaat dan Kandungan Gizi Sayuran Kubis, kepopuleran sayuran kubis di beberbagai penyuru dunia tidak diragukan lagi, Sayuran ini merupakan gudangnya zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

Lembaran daun kubis dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka kaki, luka gores, dan varises ketika ditempelkan pada tempat yang luka. Kubis juga dapat menyembuhkan mastitis atau inflmasi payudara yang alami oleh ibu ketika menyusui bayinya.

Sebagai tambahan, kubis dapat dijadikan sebagai bahan makanan terbaik untuk kesehatan saluran penceraan. Dijerman makanan berbahan bakukubis yang difermentasi terssebut sauerkraut. Makanan ini dapat membantu menyehatkan saluran percernaan dengan cara meningkatkan populasi pertumbuhan bakteri dalam usus besar.

Kandungan gizi sayur kubis yaitu Vitamin B1, B3, B5, B6, C, E, K, U, beta-karoten, biotin, folat, kalsium, yodium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, seng, dan serat, yang baik untuk kesehatan tubuh.

Lihat Juga:  Salad Seafood Remis, Membantu Menjaga Persendian

Kubis Kentang Panggang

  • 1 sdm minyak zaitun
  • 1/2 bonggol kubis, sobek-sobek daunnya
  • 3 buah kentang, kupas kulitnya dan potong dadu
  • 1 sdm margarin yang tidak dihidrogenated (unhydrogenasi margarine)
  • Garam dan lada bubuk secukupnya

Cara membuat:

Dalam penggorengan, panaskan minyak, tambahkan 2 sdm air, lalu tumis kubis selama 8 menit. Sementara itu di tempat yang berbeda, kukus kentang selama 15 menit. Selanjutnya, tempatkan dalam magkuk bersama margarin dan lembutkan . Tambahkan kubis, bumbui dengan garam dan lada, lalu aduk rata semua bahan. Tempatkan adonan itu dalam pinggang tahan panas dan panggang selama 40 menit pada oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 200oC/gas nomor 6.

 

Lihat Juga:  Resep Paprika Isi Quinoa, Penambah Energi