Manfaat dan Kandungan Gizi Peterseli

184
Manfaat dan Kandungan Gizi Peterseli

Manfaat dan Kandungan Gizi Peterseli, peterseli bukan sekandar penghias makanan, melainkan juga salah satu herbal kuliner berkhasiat yang paling populer di seluruh dunia.

Selain mengandung vitamin C dan flavonoid luteolin yang keduanya adalah aktioksidan ampuh membasmi kanker, peterseli telah lebih dahulu dikenal sebagai salah satu herbal yang dapat menyembuhkan artritis dan rematik.

Peterseli dengan kandungan kaliumnya yang tinggi membantu agar keseimbangan cairan tubuh tetap terjaga dengan cara membuang kelebihan air dan natrium dalam tubuh. Inilah alasan peterseli dianggap salah satu diuretik herbal alami terbaik yang sekaligus dapat menjaga agar tekanan darah tetap normal.

Daun Peterseli tumbuk dipercaya manjur utuk menyembuhkan iritasi akibat gigitan serangga pada kulit. Kandungan gizi peterseli yaitu vitamin B1, B3, B5, C, E, K, beta-karoten, biotin, folat, kalsium, yodium, zat besi, magnesiu, mangan, fosfor, kalium, selenium, dan seng yang baik untuk kesehatan. Mengunyah peterseli setelah makan dapat membantu menyegarkan kembali napas Anda.

Lihat Juga:  Resep Saus Peterseli, Menyeimbangkan Kadar cairan

Saus pasta peterseli

  • 2 sdm minyak zaitun
  • 1/2 buah bawang bombai, cincang kasar
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt paprika
  • 400 ml passata
  • 3 sdm paterseli cincang
  • Garam dan lada bubuk secukupnya

Cara membuat saus pasta peterseli:

Panaskan minyak dan tumis bawang bombai hingga layu dan harum. Tambahkan bawang putih dan paprika, lalu aduk rata dan masak lagi selama satu menit hingga layu dan harum. Tambahkan passata dan masak dengan api kecil selama 20 menit dalam keadaan tertutup. Setelah itu, tambahkan peterseli dan bumbui dengan garam serta lada hitam setelah matang. Siram saus ini di atas pasta. sajikan selagi hangat.