Manfaat Dan Kandungan Gizi Miso

187
Manfaat Dan Kandungan Gizi Miso

Manfaat Dan Kandungan Gizi Miso, Ada beberapa jenis miso yang akan bisa kita peroleh di pasaran, tetapi varientas miso yang berwarna gelap adalah pilihan terbaik karena lebih banyak protein dan asam lemak esensial.

Miso adalah pasta fermentasi alami yang terdiri dari campuran kecang kedelai, garam, dan koji (sejenis ragu jamur). Miso dapat menjadi pengganti garam lezat dan juga berfungsi sebagai panembah citra rasa pada sup, saus, dan koserol.

Miso bisa menjadi sumber protein, mineral dan vitamin B yang baik. Selain itu, miso juga mengandung isoflavonĀ  kedelai senyawa fitokimia dengan struktur mirip estrogen yang dikaitkan dengan meringankan gejala-gejala menopause dan menurunkan resiko osteoporosis serta kanker payudara.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Cuka Sari Apel

Miso juga kaya akan asam dipikolonik, salah satu komponen fitokimia yang dapat menyerap racun logam berat dari dalam tubuh seperti markuri dan timbal, lalu membuangnya melalui saluran pencernaan.

Kandungan gizi miso yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, K, Beta-karoten, folat, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, natrium, seng protein, asam lemak, s=esensial, omega-3 dan omega-6 yang baik untuk kesehatan.

Resep sop miso

  • 1 sdm minyak wijen
  • 2 batang daun bawang, kupas kulitnya, dan rajang kasar
  • 100 gram tahu sedap, potong dadu kecil
  • 1 batang wortel, kupas kulitnya dan potong korek api
  • 1 sdm miso

Cara membuat sup miso:

Panaskan minyak di penggorengan, tumis bawang dan tahu, dan wortel. Aduk berlahan selama beberapa menit hingga layu. Tamahkan 800 ml air dan miso, lalu masak dengan api kecil selama 5 menit. Sajikan dengan beras merah, mi, atau roti gandum utuh.

Lihat Juga:  Membentuk Otot Sekaligus Membakar Lemak Simak 6 Tipsnya