Manfaat Dan Kandungan Gizi Madu

367
Manfaat Dan Kandungan Gizi Madu

Manfaat Dan Kandungan Gizi Madu, madu mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan asam amino yang mampu meningkatkan kemampuan antioksidan dalam melindungi tubuh jika dikomsumsi secara teratur. Tambahan manfaat lainnya, satu sendok madu dengan perasan lemon dalam air hangat dapat meringankan radang tenggorokan dan meredakan gekala batuk dan demam.

Di Selendia Baru, terdapat satu jenis madu khusus yang dikenal dengan Manuka. Madu ini diketahui memiliki efek antibiotik yang ampuh karena mampu menghambat pertumbuhan bakteri, termasuk Helicobacter pylori, bakteri penyebab gangguan lambung dan usus.

Aktivitas antibakteri dari madu ini juga merupakan senjata ampuh dan efektif untuk melawan bakteri super sebagai MRSA (Methicilin-resistant-Staphylococcus aureus) karena bakteri jenis ini sudah resisten terhadap pengobatan antibiotik konvensional.

Lihat Juga:  Resep Jamur Pate, Kaya Mineral Kromium

Madu Maduka juga dapat digunakan sebagai obat oles untuk mengobati luka perut pada kulit, luka, bisul, dan luka bakar. Madu ini berkerja dengan cara mengurangi inflamasi dan memacu regenerasi jaringan. Selain itu, madu ini pun memiliki properti antijamur yang dapat secara efektif mengobati kutu air pada kaki dan infeksi jamur lainnya.

Kandunga gizi dari madu yaitu vitamin B3, B5, B6, biotin, folat, kalsium, magnesium, mangan, zat besi, fosfor, kalium, selenium, seng, dan karbohidrat yang baik untuk kesehatan.

Resep bagel pisang madu kacang

  • 4 bagel gandum utuh
  • 6 sdm selai kacang kering
  • 4 buah pisang, potong-potong
  • 4 sdt madu
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis

Cara membuat bagel pisang madu kacang:

Belah bagel menjadi dua, olesi masing-masing sisi dalam bagel dengan selei kacang. Sisihkan. Haluskan pisang, lulu tambahkan madu dan kayu manis. Oleskan campuran pisang di atas bagel yang sebelumnya telah di olesi dengan selai kacang . Panggang bagel tersebut selama beberapa menit. Sajikan selagi hangat.

Lihat Juga:  Resep Capcay Sayuran, Bagi Penderita Kanker