Manfaat dan Kandungan Gizi Lobak Pedas

443
Manfaat dan Kandungan Gizi Lobak Pedas

Manfaat dan Kandungan Gizi Lobak Pedas, sejak abab pertengahan, lobak pedas telah lama dikenal berkhasiat sebagai obat. Di antara khasiatnya adalah memiliki efek antibakteri, diuretuk, dan stimulan ( penambahan tenaga).

rasa dan aroma lobak pedas baru dapat dikenal jika umbi akar ini dipotong atau diparut sehingga membuatnya melepaskan oroma khas dari minyak atsirinya. Minyak ini, khususnya minyak biji sawi, mempunyai khasiat sebagai antiobiotik alami yang dapat membatu proses penyembuhan berbagai jenis penyakit, di antaranya infeksi saluran pernapasan seperti batuk dan sinus serta infeksi saluran kencing.

Umbi akar ini juga mampu menstimulasi proses pencernaan sekaligus diuretik yang efektif. Tambahan khasiatnya adalah umbi akar ini juga meningkatkan perspirasi sehingga amat bermanfaat dalam proses penyembuhan flu dan demam.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Biji Soba

Kandungan gizi lobak pedas yaitu vitamin B3, C, K, beta-karoten, folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, selenium, dan seng yang sangat baik untuk kesehatan.

Saus tahu dan lobak pedas

  • 250 gram tahu
  • 2 sdm parutan lobak pedas
  • 1 sdt miso putih
  • 3 sdm minyak bunga matahari yang belum disuling
  • Garam secukupnya

Cara membuat saus tahu dan lobak pedas

Masukkan semua bahan dan 250 ml air dalamĀ food processorĀ dan giling hingga halus dan lembut. Saus ini sangat lezat, khususnya jika dipadukan degan ikan atau sayuran.