Manfaat dan Kandungan Gizi Labu Butternut

1046
Manfaat dan Kandungan Gizi Labu Butternut

Manfaat dan Kandungan Gizi Labu Butternut, labu jenis ini merupakan verientasi yang paling populer dari winter squash. Sayuran ini pun merupakan sumber energi yang mengandung karbohidrat kompleks yang diserap secara perlahan oleh tubuh.

Beta-karoten adalah kekayaan labu butternut yang nantinya akan dikonversihkan menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin tersebut sangat diperlukan agar kulit tetap sehat dan indah, menjaga sistem kekebalan tubuh, saluran pencernaan serta pernapasan agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan optimal.

Labu buternut juga mengandung beta-kriptoxantin yang berkhasiat menurunkan resiko terjadinya kanker paru-paru. Ekstra labu ini pun diketahui dapat menurunkan gejala-gejala akibat tumor prostat jinak, salah satu gangguan yang tejadi pada kelenjer prostat.

Kandungan gizi labu butternut yaitu vitamin B1. B3, B5, B6, C, E, K, beta-karoten, folat, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, selenium, seng; serat; protein; dan  karbohidrat kompleks yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Labu butternut panggang

  • 1 buah labu butternut
  • 1 sdm minyak zaitun
  • Garam dan lada

Cara membuat labu betternut panggang:

Potong labu butternut menjadi dua bagian yang memanjang, buang bijinya, dan olesi permukaan daging buahnya dengan minyak. panggang labu dengan posisi potongan pada baki panggang hingga lunak selama 45 menit pada oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 220oC/gas nomor 7. Setelah matang, bumbui dengan garam dan lada hitam untuk menambah cita rasa.