Manfaat Dan Kandungan Gizi Kuzu

197
Manfaat Dan Kandungan Gizi Kuzu

Manfaat Dan Kandungan Gizi Kuzu, selain berfungsi sebagai zat pengental alami, kunzu juga berkhasiat untuk mengobati demam, sakit kepala, dan segala macam gangguan percernaan.

Kuzu berasal dari akar salah satu jenis tanaman merambat di Jepang. Peran utama kuzu di dapur adalah sebagai pengental untuk ditambah pada sup, tumisan, sayuran rebus, dan saus.

Selain itu penggunaan kuliner, ratusan tahun lamanya di Cina dan Dijepang, kuzu termasuk salah satu obat tradisional yang digunakan untuk mengobati demam dan menenangkan membran mukosa yang teriritasi sehingga dapat meredakan rasa sakit pada saus, krim, dan diare.

Kuzu juga dapat digunakan sebagai alternatif aspirin untuk mengobati sakit kepala karena senyawa yang terkandung dalam kuzu bekerja dengan cara mengalterasi senyawa yang disebut neurotransmitter di otak.

Lihat Juga:  Resep Salad Musim Panas, Berkhasiat Menambah Kekuatan

Kandungan gizi kuzu yaitu kalsium, zat besi, fosfor, kalium, karbohidrat, yang baik untuk kesehatan.

Resep gravy vegetarian

  • 2 sdm kuzu
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 1 sdt miso
  • 1/2 sdt bubuk kaldu sayuran
  • 1 sdt tamari atau shoyu

Cara membuat gravy vegetarian:

Tempatkan kuzu dan 4 sdm air dingin dalam magkuk dan aduk hingga kuzu terlarut. Sisihkan. Masukkan bahan-bahan lainnya dan 500 ml air kedalam panci. Masak hingga mendidih. Kecilkan apinya dan tambahkan kuzu cair. Terus aduk dalam api kecil sampai cairan mengental. Sajikan hangat atau dingin.