Manfaat dan Kandungan Gizi Kubis Merah

512
Manfaat dan Kandungan Gizi Kubis Merah

Manfaat dan Kandungan Gizi Kubis Merah, kubis merah merupakan salah satu sayuran yang biasa digunakan dalam salad, memiliki warna yang menarik sehingga mempercantik salad, dan menambah selera. Warna merah adalah jaminan kekuatan antioksidan yang terkandung didalamnya.

Kubis merah merupakan salah satu komponen utama dalam diet mediterania. Kubis merah telah lama terkenal berkhasiat sebagai pembersih darah. Keistimewaan lainnya adalah aktivitas antioksidannya termasuk katagori yang tinggi.

Kubis merah melimpah antosianin, senyawa fitokimia yang dapat membantu memperkuat dinding kapiler pembuluh darah dan mencegah inflamasi. Selain itu, kubis merah juga dianjurkan untuk dikomsumsi meraka yang menderita asma atau artiritis. Lebih lanjut senyawa intibin pada kubis dapat meningkatkan selera makan sekaligus membantu mengoptimalkan pencernaan dan fungsi hati.

Lihat Juga:  Manfaat Dan Kandungan Gizi Miso

Kandungan gizi kubis merah yaitu viamnin B1, B2, B3, B5, B6, C, E, K, beta-karoten, folat, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, dan seng yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Salad kubis merah dengan buncis

  • 1 bonggol kubis merah
  • segenggam penuh kacang tanah
  • 1 sdm peterseli cincang
  • 100 gram buncis, iris tipis
  • 100 gram kacang babi
  • 3 sdm minyak zaitun
  • Air perasan dari 1/2 buah lemon

Cara membuat:

atur lembaran daun kubis di magkuk besar dengan kacang dan peterseli. Kukus buncis selama 8 menit, lalu tambahkan keduanya ke dalam salad. Campurkan minyak zaitun dan air perasan jeruk lemon, aduk rata. Tuang ke dalam salad dan aduk hingga semua tercampur rata.

Lihat Juga:  Resep Capcay Sayuran, Bagi Penderita Kanker