Manfaat dan Kandungan Gizi Kombu

426
Manfaat dan Kandungan Gizi Kombu

Manfaat dan Kandungan Gizi Kombu, kandungan gizi kombu luar biasa melimpah, meliputi protein dan mineral, seperti kalsium, magnesium, kalium, yodium, dan zat besi. Kombu memperkaya nilai gizi jika ditambahkan  dalam suatu hidangan.

Kombu jg dapat berfungsi zat pelunak. Oleh karena itu, kombu sering ditambahkan ketika memasak kacang-kacangan untuk mempercepat pemasakan dan pembuat kacang menjadi lebih empuk di makan.

Adapun Manfaat Kombo Yaitu:

  • Membuang racun

Logam berat merupakans salah satu racun yang dapat diserap tubuh dan disimpan dalam organ tubuh serta berbagai jaringan tubuh lainnya. Kombu mengandung semacam molekul serat yang bernama asam alginat yang berfungsi sebagai spons karena mampu menyerap logam berat, seperti kadmium,merkuri, dan timbal serta mengeluarkannya dari tubuh.

  • Serbaguna tangani berbagai penyakit

Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa kombu mengandung senyawa fukoidan yang mampu membuat sel kanker menghancurkan dirinya sendiri. Senyawa ini telah banyak diekstrak dari rumput laut dan tersedia sebagai suplemen gizi yang bisa dikomsumsi kapan saja.

Lihat Juga:  Resep Es Campur Buah Tropis, Membatu Pemulihan Setelah Berolaraga

Kandungan gizi kombu yang mengagumkan dan daya bersihnya yang luar biasa membuat kombu diklaim dapat meringankan beragam gangguan kesehatan, seperti rematik, artritis, dan tekanan darah tinggi sampai penyakit gondok akibat gangguan kelenjer tiroid.

Sup Kacang Cannellini kombo:

  • 200 g kacang cannellini
  • 1 lembar kombo kering
  • 1/2 batang bawang perai, bersihkan dan potong-potong
  • 1/2 buah paprika merah, buang bijinya dan potong-potong
  • 200 g bayam, petik daunnya

Cara membuat sup kacang cennellini kombo:

rendam kacang semalaman dalam air dingin. Esok harinya, tiriskan dan masukkan dalam panci yang telah berisi 1 liter air. Tambahkan kombu dan masak hingga mendidih, kecilkan api, tutup, dan masak lagi selama kurang lebih 2 jam agar kacang benar-benar empuk. Tambahkan bawang perai, paprika merah, dan bayam, lalu masak lagi selama 15 menit. Aduk rata dan sajikan selagi hangat.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Jeruk Keprok