Manfaat dan Kandungan Gizi Kentang

318
Manfaat dan Kandungan Gizi Kentang

Manfaat dan Kandungan Gizi Kentang, kentang adalah makanan pokok yang bergizi, murah, dan serbaguna serta dikonsumsi hampir sebagaian besar penduduk bumi.

Kentang sering dihindari karena kandungan karbohidratnya tinggi, padahal faktanya kentang hanya menggemukkan jika dimasak dengan cara digoreng atau diolesi mentega. Mari kita kupas beberapa zat gizi yang ada pada kentang, kandungan vitamin B untuk metabolisme, kalium untuk mengatur pengeluaran cairan, dan vitamin C, vitamin penguat kekebalan tubuh.

Kentang juga mengandung senyawa flavonoid yang berkhasiat antikanker, antiinflamasi, dan senyawa kukoamin yang dapat menurunkan tekanan darah.

Kentang masak kaldu

  • 4 buah kentang, kupas dan iris
  • 2 sdm minyak zaitun
  • Garam dan selada hitam
  • 200 ml kaldu sayuran
Lihat Juga:  Resep Schnitzel Kalkun, Baik Untuk Pembentukan Otot

Cara membuat kentang masak kaldu:

Olesi irisan kentang dengan minyak dan bumbui, kemudian atur secara bertumpuk dalam pinggang kaserol. Tuangkan kaldu, lalu tutup dengan aluminium foil dan panggang selama 1 jam pada oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 220oC/gas nomor 7. Lepaskan aluminium foilnya, lalu panggang lagi selama 15 menit hingga seluruh cairan meresap dalam kentang.