Manfaat dan Kandungan Gizi Kayu Manis

407
Manfaat dan Kandungan Gizi Kayu Manis
Cinnamon sticks and turmeric on wooden

Manfaat dan Kandungan Gizi Kayu Manis, kayu manis termasuk tanaman yang sangat berharga sejak dahulu dan merupakan salah satu jenis hadiah yang layak untuk diberikan kepada sang raja. Bahkan konon, kayu manis menjadi penyebab terjadinya perang.

Kayu manis secara tradisional digunakan karena daya penghangat yang dimilikinya sehingga mampu menumpaskan flu dan memperlancar sistem sirkulasi tubuh.

Rempah ini pun mengandung properti antibakteri dan anti jamur. Oleh, karena itu, kayu manis dapat menghambat organisme Candida albicans, sejenis jamur penyebab terjadinya kandidiasis dan sariawan.

Hasil riset terkini  menunjukkan bahwa beragam senyawa yang terdapat dalam kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah sehingga sering dianggap sebagai obat yang potensial untuk penderita diabetes tipe 2.

Lihat Juga:  Resep Burger Daging Sapi, Penambah Energi

Kandungan gizi kayu manis yaitu vitamin B2, B3, B5, B6, E, K, beta karoten, biotin, kalsium, tembaga, yodium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, dan seng yang baik untuk kesehatan. Kayu manis Ceylon mempunyai rasa dan aroma yang lebih lembut daripada verietas kayu manis asal indonesia.

Resep krim kayu manis

  • 250 gram tahu
  • 10 sdm sari buah apel
  • 3 sdm sirup beras merah
  • 3 sdm minyak bunga matahari yang belum disuling
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis

Cara membuat krim kayu manis:

Masukkan semua bahan dalam food processor dan giling hingga lembut. Gunakan sebagai pengganti krim susu dalam hidangan pencuci mulut.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Articok Jerusalem