Manfaat dan Kandungan Gizi Kalkun

225
Manfaat dan Kandungan Gizi Kalkun

Manfaat dan Kandungan Gizi Kalkun, kalkun merupakan salah satu hewan yang sangat sedikit kandungan lemaknya. Makanan yang biasa digunakan untuk perayaan tradisional ini adalah alternatif yang lebih sehat daripada daging dan unggas.

Kalkun rendah lemak, tetapi tinggi kandungan protein yang diperlukan tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Kalkun juga mengandung vitamin B yang sangat penting untuk menjaga agar metabolisme tetap terjaga.

Di antara bebagai kandungan mineral yang ada pada kalkun, ada dua mineral penting yang melimpah, yaitu zat besi yang penting untuk mencegah dan mengatasi anemia serta selenium yang ampuh sebagai senyawa antikanker. Jika memungkinkan, pilihlah kalkun organik karena kalorinya lebih rendah dan rasio lemak baik dan buruknya lebih baik.

Lihat Juga:  Manfaat Buah Zaitun Bagi Kesehatan

Kandungan gizi kalkun yaitu vitamin B2, B3, B5, B6, B12, D, biotin, folat, kalsium, yodium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, selenium, seng dan protein yang baik untuk kesehatan.

Resep chimichangas kalkun dan paprika

  • 2 dada kalkum, potong dadu
  • 1 bawang bombai merah, rajang
  • 1 paprika merah, iris tipis memanjang
  • 1 sdm minyak bunga matahari yang belum disulung
  • 6 sdm salsa siap dipakai
  • 4 kulit tortila besar
  • Segenggam penuh parutan keju

Cara membuat chimichangas kalkun dan paprika:

Tumis kalkun bawang bombai, dan paprika selama 5-6 menit. Tambahkan salsa dan panaskan. Hangatkan tortila dan oven tempatkan tumisan pada bagian tengah lembaran tortilla. Gulung dan letakkan pada baki panggang. Taburi bagian atasnya dengan keju. Panggang selama 10-12 menit dalam oven yang sebelumnya telah dipanaskan pada suhu 180oC/gas nomor 4.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Nori