Manfaat dan Kandungan Gizi Jamur Shiitake

322
Manfaat dan Kandungan Gizi Jamur Shiitake

Manfaat dan Kandungan Gizi Jamur Shiitake, jamur shiitake yang sangat istimewa ini berasal dari timur jauh. Di negara asalnya jamur ini telah banyak digunakan sebagai salah satu bahan makanan yang lezat sekaligus obat yang ampuh.

Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa jamur shiitake mengandung beberapa komponen terapeutik. Lentinan tidak hanya dapat memperkuat sitem kekebalan tubuh, tetapi juga memacu produksi interferon yang dapat melawan serangan virus dan sel-sel kanker.

Oleh karena itu, lentinan yang ada pada jamur stiitake di Jepang banyak dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi kanker, AIDS, diabetes, sindrom kelelahan kronis, dan penyakit fibrositis payudara.

Eritadenin, kompenen lain yang ada pada jamur shiitake, berkhasiat untuk menurunkan kolestrol, sedangkan sedangkan tirosinase dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Anda bisa memperoleh jamur stiitake dengan bentuk segar ataupun kering.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Sayuran Okra

Kandungan gizi jamur shiitake yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, C, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, seng, serat, protein, dan asam lemak esensi omega-6. Sangat baik untuk Kesehatan tubuh.

Salad tumis jamur:

  • 3 genggam penuh daun-daunan beraneka ragam untul salad
  • 1 ikat selada air, siangi
  • 4 sdm minyak zaitun
  • 450 g jamur shitake
  •  8 siung bawang putih, haluskan
  • Lada hitam bubuk

Cara membuat salad tumis jamur:

Tempatkan daun-daun salad dan selada dalam sebuah magkuk besar. Sisihkan. Tumis 3 sdm minyak zaitun dengan jamur dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan tumisan jamur dan bawang putih (dengan minyak juga) ke dalam magkuk yang telah berisi daun salad. Tambahkan minyak yang tersisa. Aduk rata dan bumbui dengan lada hitam. Sajikan segera.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandugan Gizi Goji Beri