Manfaat Dan Kandungan Gizi Ikan Salmon

953
Manfaat Dan Kandungan Gizi Ikan Salmon

Manfaat Dan Kandungan Gizi Ikan Salmon, selain sumber protein yang baik, salmon juga dilengkapi dengan asam lemak esensial yang meyehatkan.

Salmon termasuk katagori ikan berminyak. Ia mengandung lemak omega-3 dalam bentuk asam eikosapentanoat (EPA) dan asam dokosaheksanoat (DHA). Kedua asam lemak ini memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi, meredakan gejala asma, rematik artritis, depresi, serta menyembuhkan gangguan kulit seperti eksem dan psoriasis.

DHA juga mempu meningkatkan kecerdasan anak. Salmon merupakan salah satu sumber vitamin B dan mineral selenium terbaik. Salmon liar mengandung astaxantin, salah satu jenis antioksidan terampuh yang pernah dipertemukan.

Kandungan gizi ikan salon yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, D, E, biotin, folat, kalsium, yodium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, selenium, seng, protein, dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Alfafa

Resep salmon panggang saos tomat

  • 4 buah filet salmon
  • 1 sdm capers, potong-potong
  • 4 buah tomat ceri, potong-potong
  • 1 butir bawang merah, rajang halus
  • 1 sdm air perasan salmon
  • 2 sdm minyak zaitun

Cara membuat salmon panggang saos tomat:

Bungkus salmon panggang pada aluminium foil yang telah olesi minyak. Campurkan semua bahan yang tersisa dalam wadah dan tuangkan diatas ikan. Lipat aluminium foil. Tempatkan ikan yang telah dibungkus aluminium dalam baki panggang lalu masukkan dalam oven dan panggang selama 10-12 menit dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 200oC/ gas nomor 6. Panggang hingga ikan matang. Sajikan selagi hangat.