Manfaat dan Kandungan Gizi Daun Sage

308
Manfaat dan Kandungan Gizi Daun Sage

Manfaat dan Kandungan Gizi Daun Sage, khasiat daun sage yang telah terkenal sejak dahulu, kini benar-benar telah terbukti secara ilmiah.

Daun sage tidak hanya berkhasiat untuk meredakan batuk dan rasa sakit akibat rematik serta memperkuat sistem saraf, tetapi juga sangat serbaguna sehingga dapat ditambahkan dalam obat kumur untuk membantu menyembuhkan radang tenggorokan dan mencuci mulut agar terhindar dari gusi bengkak.

Di Jerman, sege telah terbukti ampuh untuk mengatasi gangguan usus ringan dan keringat berlebih. Khasiat sage dalam mengurangi keringat berlebih ini menjadikannya sebagai obat yang populer untuk mencegah semburat panas selama menopause. Herbal ini juga dapat memperkuat memori dengan cara meningkatkan kadar senyawa kimia yang berkaitan dengan penyimpanan informasi dalam otak.

Lihat Juga:  Resep Salad Daun Mint, Segar Melegakan Tenggorokan

Kandungan gizi daun sage yaitu vitamin B3, B6, C, E, K, beta-karoten , biotin, folat, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium dan seng yang baik untuk kesehatan.

Resep kentang tumbuk dengan sage

  • 4 buah kentang, kupas dengan potong dadu
  • 1 sdm mentega atau margarin yang tidak dihidrogenasi
  • 100 gram keju kambing lembut
  • 2 sdm daun sage yang telah dicincang halus
  • Garam dan lada hitam bubuk untuk menambah cita rasa

Cara membuat kentang tumbuk dengan sege:

Kukus kentang selama 20 menit hingga empuk. Pindahkan dalam wadah dan tambahkan mentega atau margarin. Tumbuk hingga halus dan tercampur rata. Tambahkan keju dan irisan daun sage. Bumbui dengan garam dan bubuk lada hitam secukupnya. Sajikan selagi hangat.

Lihat Juga:  Resep Sup Sayur Okra, Memperbaiki Gangguan Lambung