Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Wortel

388
Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Wortel

Berikut ini adalah Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Wortel yang kami rangkum dari berbagai sumber.

wortel telah lama dikenal berkhasiat untuk menyehatkan dan membantu penglihatan pada malam hari. Umbi sayur ini digunakan untuk hidangan yang manis dan gurih atau diambil satinya sebagai jus yang lezat dan manis.

Wortel merupakan salah satu sumber sayuran yang kaya beta-karoten, salah satu senyawa  karotenoid yang dikonversihkan menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin ini diperlukan untuk penglihatan yang normal, kulit yang sehat, fungsi reproduksi, yang efektif, dan juga membantu tubuh untuk melawn infeksi, seperti flu dan bronkitis.

Kandungan gizi wortel yaitu vitamin B1, B3, B5, C, E, K, beta-karoten, biotin, kalsium, yodium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium seng dan serat. Cukup dua wotel sehari dapat membantu menurunkan kadar kolestrol yang tinggi, hal ini diduga karena wortel mengandung kalsium pektat, salah satu jenis serat larut yang memberikan rasa renyah khas wortel.

Lihat Juga:  Ramuan Herbal Untuk Kanker Usus

Jus koktail wortel dan seledri

  • 10 batang wortel berukuran besar, kupas kulitnya
  • 3 umbi bit merah, kupas kulitnya
  • 2 tangkai seledri
  • 2 buah paprika hijau, buang bijinya
  • 200 gram bayam
  • segenggam penuh peterseli

Cara membuat jus koktail wortel dan seledri:

potong-potong wortel berukuran besar, bit, seledri, dan paprika, menjadi potong-potongan kecil. masukkan semua bahan tersebut, masukkan bayam dan peterseli ke dalam juicer untuk diambil sarinya, Aduk dan minum segera.