Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Ceri

432
Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Ceri

Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Ceri, ceri merupakan  salah satu buah musim panas yang lezat dan berkhasiat mengurangi rasa sakit dan meredakan inflamasi. Selain itu, buah ini juga mengandung melatonin yang dapat membantu memperbaiki pila tidur Anda.

Antosianin yang terkandung dalam ceri merupakan antioksidan pemberi warna merah indahnya. Ceri dapat membantu mematikan enzim penyebab inflamasi sehingga mencegah tumbuhnya beragam jenis rasa sakit.

Secara khusus, ceri juga berkhasiat meredakan sakit akibat gout alias asam urat salah satu jenis artritis yang terjadi ketika kristal asam urat terakumulasi di persendian sehingga mengakibatkan rasa sakit dan inflamasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ceri dapat menurunkan kadar asam urat secara signifikan sekaligus membatasi pembentukan kristal pencetus asam urat.

Lihat Juga:  Manfaaat dan Kandungan Gizi Bluberi

Ceri juga dapat meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh osteortritis dan rematik artritis serta fibromyalgia, rasa pada jaringan fibrosa, seperti otot, tedon, dan ligemen.

Mengatasi gangguan tidur

Antioksidan lain yang terdapat dalam ceri adalah superoksida dismutase (sangat bermanfaat bagi kesehatan persendihan, sistem pernapasan, dan pencernaan) dan melatonin, salah satu antioksidan pembasmi radikal bebas terampuh yang pernah ditemukan. Rendahnya kandungan melatonin dalam tubuh berkaitan dengan gangguan tidur seperti insomnia. Oleh karena itu, ceri bisa menjadi sumber melatonin bagi tubuh sehingga dapat membantu Anda mengatasi masalah tidur. Selain itu, melatonin juga penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Proantosianidin juga merupakan salah satu antioksidan dalam ceri yang berkhasiat sebagai agen antiinflamasi, menguatkan pembuluh darah, dan membuat kulit Anda kencang serat memperlambat proses penuaan kulit.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Pepaya

Kandungan gizi buah ceri vitamin B3, B5, C, beta-karoten, biotin, folat, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, serat, karbohidrat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Manisan ceri dan rhubarb

  • 400 gram ceri, buang bijinya
  • 3 batang rhubarb, potong-potong
  • 3 sdm sari buah apel
  • 2 sdm gula buah
  • Yoghurt

Cara membuat manisan ceri dan bhubarb:

Masak semua bahan, kecuali yoghurt hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api, tutup, dan masak kembali selama 8 menit. Aduk sesekali. Angkat, dinginkan, dan sajikan dengan bioyoghurt.