Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Apel

455
Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Apel

Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Apel, apel dengan beragam verietas yang banyak beredar saai ini merupakan salah satu buah yang lezat dan memberikan banyak manfaat kesehatan untuk mereka yang mengonsumsinya.

Pepatah kuno “satu apel sehari, kunjugan ke dokter akan terhindari” bisa jadi memamg benar adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa apel dapat menurunkan resiko untuk terkena beberapa jenis kanker dan juga melindungi otak dari kerusakan akibar penyakit Alzheimer dan parkison.

Komponen anti oksidan yang ada dikulit apel, khususnya quersetin, epikatekin, dan prosianidin diduga menjadi perisai pelindung dari penyakit yang disebutkan sebelumnya. Apel yang mengandung pektin, salah satu serat larut yang dapat menurunkan kadar kolestrol darah yang tinggi dan menyehatkan saluran percernaan.

Lihat Juga:  Sekilas Pengetahuan Bagi Penderita Kanker Usus

Kandungan gizi buah apel yaitu vitamin B3, C, E, K, beta-karoten, biotin, folat, kalsium, kromium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, seng, serat, dan karbohidrat yang baik bagi kesehatan.

Remukan aprikot dan apel

  • 200 ml cangkir sari buah apel
  • 6 buah apel, kupas buang bijinya, dan potong-potong
  • 284 g selai alprikot bebas gula
  • 55 g margarin
  • 115 g rolled oats
  • 3 sdm oatbran

Cara membuat remukan aprikot dan apel:

Masak sari buah apel hingga mendidih. Tambahkan apel, tutup, dan masak dengan api kecil hingga semua sari buah terserap dan apel menjadi empuk. Tumbuk apel hingga lembut dan tambahkan selai, lalu pindahkan pada pinggang tahan panas. Remas margarin beserta oat dan oatbran hingga menjadi remah-remah. Taburkan diatas adonan buah, lalu panggang selama 30 menit pada oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 180oC atau gas nomor 4.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Chickpea