Manfaat dan Kandungan Gizi Biji Wijen

315
Manfaat dan Kandungan Gizi Biji Wijen

Manfaat dan Kandungan Gizi Biji Wijen, wijen mengandung kalsium yang melimpah sehingga membuatnya menjadi pilihan terbaik agar tulang dan gigi tetap sehat.

Wijen sering digunakan untuk membuat tahini atau pasta wijen. Kandungan gizinya luar biasa dahsyat yang meliputi kalsium, magnesium, dan mangan serta zat gizi pendukung lainnya, seperti protein dan asam lemak esensial.

Dalam 100 gram wijen, Anda bisa mendapatkan 670 mg kalsium, jauh lebih banyak daripada kalsium pada cangkir susu. Wijen juga mengandung sesamin, komponen antioksidan unik yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dari makanan dan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Kandungan gizi bji wijen vitamin B1, B2, B3, B5, B6, beta-karoten, kalsium, tembaga, yodium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, seng serat, protein, asam lemak esensi omega-6 yang baik untuk kesehatan.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Seledri

Resep wijen kenyal

  • 175 gram kurma kering
  • 55 gram kemiri cincang
  • 2 sdm tahini
  • 2 sdm selai kacang
  • 4 sdm biji wijen

Cara membuat wijen kenyal:

Panaskan 250 ml air bersama kurma dengan api kecil selama 10 menit hingga lunak dan airnya berkurang. Lembutkan kurma dan campurkan dengan kemiri, tahini, dan selai kacang. Diamkan adonan selama 30 menit hingga mengeras. Bentuk menjadi bola-bola kecil dan gulingkan pada biji wijen hingga seluruh bagiannya tertutupi wijen.