Manfaat dan Kandungan Gizi Biji Rami

283
Manfaat dan Kandungan Gizi Biji Rami

Manfaat dan Kandungan Gizi Biji Rami, biji rami merupakan salah satu makanan ajaib karena khasiatnya yang luar biasa banyak, dari mulai mencegah konstipasi hingga menurunkan tekanan darah tinggi dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Biji rami juga dikenal dengan istilah linseed. biji ini mengandung berbagai zat penyembuh yang berasal dari asam lemak esensial omega-3 yang kemudian akan dikonversikan menjadi prostaglandin dan asam lemak esensial omega-3 juga dapat membuat jantung lebih sehat karena keduannya berperan dalam menurunkan kolesterol, tekanan darah dan pembentukan plak pada dinding pembuluh darah arteri.

Tidak hanya itu, prostaglandin juga mampu membantu upaya penurunan berat badan dengan cara membuang kelebihan cairan dari jaringan dan meningkatkan metabolisme sehingga kalori lebih banyak terbakar.

Lihat Juga:  Resep Kopi Luwak Berkhasiat Menambah Stamina

Kandungan gizi dari biji rami yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, E, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, Fosfor, kalium, selenium, seng, serat, protein, dan asam lemak esensial omega-3 yang baik untuk kesehatan.

Resep kacang rami batangan

  • 100 gram biji rami
  • 150 sereal beras
  • 5 sdm selai kacang
  • 5 sdm sirup beras merah

Cara membuat kacang rami batang

Giling biji rami menggunakan gilingan kacang dan tempatkan hasil gilingan dalam wadah. Tambahkan sereal, selai kacang, dan sirup beras. Ulenin hingga kalis. Padatkan adonan dalam baki panggang antilengket hingga merata. Diamkan hingga mengeras selama beberapa jam sebelum dipotong menjadi batangan- batangan siap makan.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Bioyoghurt