Manfaat dan Kandungan Gizi Bayam

393
Manfaat dan Kandungan Gizi Bayam

Manfaat dan Kandungan Gizi Bayam, Kepopuleran bayam di berbagai penjuru dunia tidak perlu diragukan lagi. sayuran ini merupakan gudangnya zat gizi yang bisa membenteng tubuh dari serangan berbagai penyakit degeneratif.

Ada 13 jenis senyawa flavonoid antioksidan pada bayam yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Bayam pun kaya lutein,komponen karotenoid yang menjaga kesehatan mata sampai tua. Selain itu, bayam adalah tanaman terbaik tulang karena mengandung kalsium, magnesium dan vitamin K. Ketiganya sangat penting bagi tulang karena meraka bahu-membahu dalam proses mineralisasi tulang.

Kandungan gizi bayam yaitu vitamin B3, B5, B6, C, E, K, beta-karoten, biotin, folat, kalsium, kromium, yodium, zat besi, magnesium, mangan, fasfor, kalium, selenium, natrium, seng dan serat, yang baik untuk kesehatan.

Lihat Juga:  Obat Herbal Untuk Kanker Otak

Sayuran ini bisa juga diolah menjadi tumisan, sup atau omelet sayuran yang sehat untuk sarapan praktis sehinga tubuh tak cepat lelah saat beraktivitas.

Bayam dengan keju leleh

  • 1 buah bawang bombai, rajang kasar
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 55 gram kacang pinus
  • 225 gram daun bayam
  • 250 gram keju parut

Cara membuat:

Tumis bawang bombai, lalu tambahkan bawang putih, kacang pinus, dan bayam, masak hingga layu. Buang air yang keluar dari tumisan. Tambahkan parutan keju leleh, Gunakan sebagai campuran dalam penekuk, pada roti panggang, atau isian sayuran lainnya.