Manfaat dan Kandungan Gizi Bawang Putih

165
Manfaat dan Kandungan Gizi Bawang Putih

Manfaat dan Kandungan Gizi Bawang Putih, bawang putih efektif menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, dan penyakit-penyakit lainnya.

Bawang putih telah dibudidayakan sejak 5000 tahun yang lalu dan khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai penyakit telah diketahui sejak zaman Mesir kuno. Pada peradaban kuno di berbagai negara, bawang putih merupakan obat untuk mencegah flu dan demam.

Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa bawang putih mengandung zat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Senyawa aktif dalam bawang putih adalah alisin yang merupakan turunan dari senyawa alliin yang tercium sebagai bau langu khas ketika bawang putih segar dirajang atau dihaluskan.

Senyawa tersebut tidak hanya efektif dalam melawan infeksi, seperti flu, demam, dan kandidiasis (infeksi jamur), tetapi juga mikroba yang lebih berbahaya, seperti bakteri tuberkulosis dan bakteri super MRSA (methicillin,resistant Staphylococcus aureus).

Kandungan Gizi bawang putih adalah vitamin B1, B3, B5, B6, C, biotin, folat, kalsium, garmanium, yodium, zat besi, magnesium, magan, fosfor, kalium, selenium, seng dan serat yang baik untuk kesehatan.

Lihat Juga:  Resep Saus Peterseli, Menyeimbangkan Kadar cairan

Resep kacang merah tumbuk

  • 250 kacang merah
  • 3 sdm minyak zaitun
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt bubuk cabai
  • 1 sdt jintan bubuk
  • 1 sdt bubuk biji sawi
  • 1 sdt tamari

Cara membuat kacang merah tumbuk

Rendam kacang merah dalam air dingin semalaman. Esok harinya, tiriskan kacang dan rebus dalam keadaan tertutup hingga mendidih. Kecilkan api dan masak dengan api kecil selama dua jam serta aduk sesekali. Tiriskan dan sisihkan. Dalam panci yang lain, campurkan sisa bahan dengan 100 ml air dan masak selama beberapa menit. Setelah matang, tambahkan kacang merah rebus. Aduk rata, lalu tumbuk hingga lembut.