Manfaat dan Kandungan Gizi Alfafa

243
Manfaat dan Kandungan Gizi Alfafa

Manfaat dan Kandungan Gizi Alfafa, kecambah alfafa mengandung enzim dan zat gizi yang dahsyat dan menyehatkan tubuh.

Kecambah alfafa telah lama dikenal berkhasiat karena kandungan enzim dan zat gizinya yang mudah dicerna tubuh. Kecambah alfafa bagaikan gudang zat gizi karena melimpahnya kandungan asam amino, vitamin, dan mineral serta beberapa senyawa fitokimia yang berkhasiat sebagai pelindung dari serangan berbagai jenis penyakit.

Di antara senyawa fitokimia itu adalah kanavanin, senyawa mirip asam amino yang berkhasiat sebagai salah satu agen antikanker. Selain itu, fitoestrogen dalam alfafa juga dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh.

Sapoin, senyawa fitokimia lain yang melimpah terdapat pada alfafa, berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dalam darah dengan cara mengikat kolesterol tersebut untuk kemudian dikeluarkan melalui fases. Adapun klorofil pada alfafa membantu proses pembentukan darah sekaligus menjadi agen penetral racun yang ampuh.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Daun Mint

Selain itu kandungan gizi alfafa yaitu vitamin B3, B5, C, K, beta0karoten, folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, protein, dan enzim yang baik untuk kesehatan.

Resep roti isi tahu, avokad dan alfafa

  • 200 gram tahu asap, iris
  • 4 buah roti pitta
  • 2 genggam penuh kecambah alfafa
  • 2 buah alvokat, ambil daging buahnya dan potong-potong
  • 2 buah tomat, iris
  • 12 zaitun hitam, buang bijinya dan potong-potong
  • 2 sdm tahini

Cara membuat roti isi tahu, alvokad dan alfafa

Panggang irisan tahu asap pada kedua sisinya. Hangatkan roti pitta dalam oven, lalu belah secara memanjang dari bagian atasnya, isikan tahu, alfafa, alvokad, tomat, dan zaitun. Sisihkan. Encerkan tahini dengan 6 sdm air dalam wadah. Siramkan sebagai saus pada isian roti pitta. Sajikan segera.

Lihat Juga:  Resep Saus Peterseli, Menyeimbangkan Kadar cairan