Manfaat dan Kandungan Gizi Agar-Agar

289
Manfaat dan Kandungan Gizi Agar-Agar

Manfaat dan Kandungan Gizi Agar-Agar, agar-agar kaya mineral mikro yang sangat diperlukan oleh tubuh. Masyarakat jepang menggunakan agar-agar untuk penyejukkan saluran percernaan dan mengobati konstipasi.

Kandungan zeratnya yang tinggi mampu menurunkan kadar kolestrol dalam darah dan menekan selera makan (karena kenyang lebih lama) sehingga baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan.

Fungsi utama rumput laut dalam dunia kuliner adalah sebagai sebagai pengental yang tetap cair dalam temperatur kamar. Hal yang perlu diperhatikan adalah agar-agar akan kehilangan fungsinya sebagai pengental jika dikombinasikan dengan cuka dan makanan yang mengandung asam oksalat seperti cokelat, kelambak, dan bayam.

Kandungan gizi agar-agar yaitu vitamin B2, B3, B5, B6, E, K, folat; kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, seng dan serat. Rumput laut yang lunak dan bebas kalori ini dapat menjadi pengganti gelatin untuk membuat jeli atau puding.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Kentang

Agar-agar buah

  • 400 g potongan buah-buahan (persik, stroberi, dan anggur)
  • 600 ml sari buah anggur putih
  • 4 sdm bubuk agar-agar

Cara membuat agar-agar buah:

Atur potongan-potongan buah pinggan tahan panas dan sisihkan. Masak agar-agar dan sari buah anggur hingga mendidih dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga bubuk agar-agar benar-benar larut. Tuangkan cairan agar-agar panas itu dipinggang yang telah ada buahnya. Biarkan mendingin dan mengeras. Setelah itu, masukkan kedalam lemari pendingin. Sajikan dingin.