Manfaat dan Kandungan Gizi Adas

602
Manfaat dan Kandungan Gizi Adas

Manfaat dan Kandungan Gizi Adas, umbi adas warnanya boleh saja hijau pucat, tetapi kandungan antioksidan pencegah penyakitnya tetap juara. Keuntungan lainnya, umbi adas ini bisa dimakan mentah atau dimasak terlebih dahulu.

Adas adalah diuretik alami dan sangat baik untuk kesehatan hati, ginjal, dan limpa. Sebagai jenis sayuran lainnya, adas pun mengandung senyawa fitokimia yang berlimpah, di antaranya adalah rutin, quersetin, dan kaempferol. Ketiganya merupakan antioksidan ampuh.

Rutin dapat memperkuat kapilerpembuluh darah sehingga dapat meningkatkan proses sirkulasi darah yang buruk. Sementara itu, quersetin dapat mencegah terjadinya inflamasi seperti asma. Kaepferol diketahui dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Anethole adalah kompenen lain adas yang berkhasiat untuk mencegah kejang usus seperti yang serin terjadi pada mereka yang menderita sindrom iritasi usus besar. Kandungan gizi adas yaitu vitamin B3, B5, C, E, K, beta-karoten, biotin, folat, kalsium, yodium, zat besi, magnesium, mangan, fasfor, kalium, selenim, seng dan serat.

Lihat Juga:  Manfaat dan kandungan Gizi Amaranth

Selain bermanfaat bagi tubuh adas juga enak ditumis, seperti resep adas tumis sederhana dibawah ini.

Resep adas tumis:

  • 1 sdm minyak zaitun
  • 2 umbi adas, bersihkan lalu iris tipis-tipis
  • 8 siung bawang putih
  • Lada hitam bubuk secukupnya

Cara membuat:

Panaskan minyak pada wajan, masukkan adas dan bawang putih hingga layu, Bumbui dengan lada hitam. Sajikan sebagai isian untuk roti gandum. Tambahkan keju sebagai penyedap.