Manfaat dan Kandungan Biji Sawi

230
Manfaat dan Kandungan Biji Sawi

Manfaat dan Kandungan Biji Sawi, biji ini memiliki tiga varian warna hitam, cokelat, dan kuning. Bubuk biji sawi dapat memperkaya citra rasa pada berbagai jenis makanan, seperti sup, kaserol, dan kari.

Tanaman biji sawi ini masih termasuk keluarga brokoli dan kubis sehingga membuat biji ini mengandung senyawa fitokimia unik, glukosinolat. Senyawa ini kini banyak dipelajari karena berkaitan dengan kemampuannya untuk membasmi sel-sel kanker dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker baru.

Rempah-rempah ini juga merupakan salah satu sumber terbaik mineral selenium, salah satu antioksidan dengan properti antiinflamasi. Biji sawi yang telah dihaluskan, kemudian dilarutkan dalam air hangat dipercaya dapat membersihkan darah dan memiliki efek pencahar ringan.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Ara

Kandungan gizi biji sawi yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, E, K, beta-karoten, kalsium, tembaga, yodium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, dan seng yang baik untuk kesehatan.

Resep tumis kembang kol dan bit, tabur biji sawi

  • 2 sdm minyak zaitun
  • 2 sdm biji sawi
  • 1/2 sdt paprika
  • 2 buah umbi bit, kupas kulitnya dan iris tipis mamanjang
  • 1 kuntum besar kembang kol, potong sesuai kuntum kecilnya
  • 4 sdm kaldu sayuran

Cara membuat tumis kembang kol dan bit, tabur biji sawi:

Panaskan minyak pada penggorengan bertutup. Masukkan biji sawi, tutup, dan masak hingga biji meletup. Tambahkan paprika dan sayuran, masak selama 2 menit. Tambahkan kaldu dan masak dengan api kecil selama 8 menit serta aduk secara teratur agar tidak gosong.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Zaitun