Manfaat dan Kandugan Gizi Biji Milet

253
Manfaat dan Kandugan Gizi Biji Milet

Manfaat dan Kandugan Gizi Biji Milet, biji milet yang bulat dan kecil ini ternyata merupakan makanan terbaik untuk kulit, rambut dan kuku serta bebas gluten sehingga bisa dikomsumsi oleh siapa saja.

Tidak seperi jenis padi-padian lainnya, milet merupakan salah satu makanan pembentuk suasana basa sehingga sangat membantu untuk menetralkan kondisi keasaman tubuh, seperti rematik dan artritis.

Milet juga merupakan salah satu sumber terbaik beberapa mineral separti kalsium, magnesium, dan silika yang semuannya sangat diperlukan untuk kesehatan kulit, menguatkan rambut, dan kuku.

Selain itu magnesium juga berperan penting dalam membantu menyeimbangkan hormon, meredakan rasa tidak nyaman ketika mestruasi, dan retensi air. Tidak adanya gluten pada milet membuatnya sangat cocok bagi meraka yang mengalami penyakit coeliac atau beragam kondisi intoleransi gluten.

Lihat Juga:  Manfaat dan Kandungan Gizi Walnut

Resep pastel milet

  • 250 gram milet
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 1 sdm pure tomat
  • 2 sdm kaldu sayuran
  • 1 sdm tamari
  • 2 sdm minyak bunga matahari

Cara membuat pastel milet:

Didihkan 750 ml air, masukkan milet, tutup, dan masak dengan api kecil selama 45 menit. Tambahkan semua bahan yang tersisa, kecuali minyak, lalu aduk rata. Bentuk menjadi pastel, lalu olesi dengan minyak dan panggang selama 40 menit dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 190oC/gas nomor 5. Setelah 20 menit, balikkan pastel untuk mematangkan sisi lainnya.