Manfaaat dan Kandungan Gizi Bluberi

349
Manfaaat dan Kandungan Gizi Bluberi

Manfaaat dan Kandungan Gizi Bluberi, bluberi adalah buah juara satu untuk melindungi sel dari serangan radikal bebas dan penuaan.

Hasil riset yang dilakukkan oleh para pakar gizi dan kesehatan menunjukkan bahwa bluberi memiliki aktivitas antioksidan tertinggi daripada 40 buah dan sayuran segar lainnya. Warna biru bluberi berasal dari antosianin, salah satu jenis antioksidan ampuh yang mampu menetralkan substansi pencetus kanker dalam tubuh.

Senyawa fitokimia lain yang terkandung dalam bluberi seperti proantosianidin yang ampuh dalam melindungi mata, kulit, dan pembuluh darah, pterostiben yang memiliki properti antidiabetes dan penurunan kolesterol, serta dapat menurunkan risiko terjadinya kepikunan. Bluberi juga merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik sekaligus agen antibakteri yang penting bagi tubuh.

Lihat Juga:  Resep Pastel Salmon, Baik Untuk Tulang

Kandungan gizi bluberi yaitu vitamin B3, B5, C, K, beta karoten, folat, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, seng, serat dan karbohidrat yang baik bagi tubuh.

Resep bluberi fool 

  • 500 gram tahu
  • 200 ml cangkir sari buah apel
  • 250 g bluberi, untuk isi dan garnis
  • 300 ml sirup agave
  • 100 ml minyak bunga matahari yang belum disuling
  • 1 sdt ekstrak vanila alami

Cara membuat bluberi fool:

Masukkan tahu dan sari buah apel dalam food processor, lalu giling hingga lembut. Tambahkan semua bahan yang tersedia dan giling lagi hingga semua bahan mengental dan lembut. Sajikan dingin sebagai hidangan pencuci mulut. Hiasi dengan bluberi sebagai pemanis.

Lihat Juga:  Resep Puding Amaranth, Memperkuat Tulang