Khasiat dan Kandungan Gizi Articok Bundar

407
Khasiat Articok Bundar

Khasiat dan Kandungan Gizi Articok Bundar, articok bundar merupakan sayuran istimewa terbaik yang berkhasiat untukmenyehatkan lever, kandungan kemih, dan sistem percernaan.

Sejak dahulu articok bundar telah lama digunakan sebagai obat sakit parut dan untuk meringankan gangguan pada hati dan kandungan kemih. Sinarin adalah komponen fitokimia utama yang berkhasiat untuk meningkatkan daya cerna, terutama makanan berlemak.

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa sinarin dapat meringankan mual, sakit perut, konstipasi, dan gas yang berlebihan pada mereka yang mengalami gangguan percernaan. Articok juga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol darah yang tinggi dengan cara mencegah kelebihan produksi kolestrol.

Kandungan gizi articok yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, C, E, K, beta-karoten, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, selenium, seng, dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Lihat Juga:  Resep Teh Kayu Manis, Mencegah Sariawan

Articok saus pedas

  • 400 gram articok bundar segar atau jantung articok kalengan
  • 2 sdm minyak bunga matahari yang belum disuling
  • 1 sdm sari buah lemon
  • 1/2 siung bawang putih
  • 1 sdm bubuk cabai dengan tingkat kepedasan sedang
  • 8 sdm jus sayuran

Cara membuat:

Jika Anda menggunkanan articok segar, buang daun luarnya dan belah jadi dua, lalu kerok bagian dalamnya (jantungnya). Kemudian kukus selama 20 menit. Jika Anda menggunakan articok kalengan, masukkan semua bahan dalam food processor, lalu giling hingga lembut.